1. sort & filter
Fitur Filter memberikan kemampuan untuk melakukan penyaringan (filter) kolom dalam tabel untuk mengisolasi komponen utama, maka fitur ini akan menampilkan atau menyembunyikan informasi di spreadsheet berdasarkan dengan kriteria yang dipilih.
Penggunaan fitur ini tidak mengubah keseluruhan tata letak spreadsheet, dengan demikian kamu dapat menyimpan filter dan membagikannya dengan siapa saja yang dibagikan spreadsheet tersebut. Adapun langkah-langkah yang dapat diikuti untuk melakukan Filter data di Excel:
- Buka File Excel
Buka spreadsheet yang berisi data yang akan di Filter
- Pilih Kolom Data
Kemudian pilihlah kolom atau cell yang ingin di Filter
- Aktifkan Filter
Dapat melakukan klik tab “Data” dan klik “Filter”. Ini akan menambahkan tombol filter ke setiap kolom yang dipilih
- Gunakan Filter
Kamu dapat klik pada tanda panah di header kolom untuk membuka menu Filter. Dapat memilih atau menghapus opsi yang tidak diinginkan untuk menyaring data sesuai kebutuhan.
- Terapkan Filter
Setelah memilih kriteria filter, selanjutnya klik “OK”. Excel akan menyaring data sesuai dengan kriteria yang telah dipilih.
-Sort Data
Pada fitur penyortiran (sort) memungkinkan pengguna mengatur seluruh atau sebagian data dalam urutan menaik atau menurun seperti mengurutkan data berdasarkan tanggal, nomor, urutan abjad, dan lainnya. Dalam fitur penyortiran ini, kamu tidak dapat membatalkan pengurutan setelah disimpan sehingga dapat dipastikan semua baris pada spreadsheet sudah diurutkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sebelum file spreadsheet disimpan.
Berikut adalah cara kamu menggunakan filter Sort di Excel:
- Pilih Kolom Data
Pilihlah kolom atau cell data yang ingin urutkan
- Aktifkan Sort
Pergi ke tab “Data” dan pilihlah “Sort A to Z” (dari A ke Z) atau “Sort Z to A” (dari Z ke A). Excel akan mengurutkan data dalam kolom yang dipilih sesuai dengan abjad atau urutan angka
- Pilihan Sort Lanjutan
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fungsi sort lanjutan dengan memilih “Sort” di menu “Data”. Ini memungkinkan kita untuk mengurutkan berdasarkan beberapa kolom atau menyesuaikan pengaturan sort lebih lanjut.
- Terapkan Sort
Klik “OK” setelah memilih kriteria sort dan nantinya akan mengurutkan data sesuai dengan preferensi atau pilihan kamu.
0 komentar:
Posting Komentar